..dateHeader/>

Resep Membuat Puding Pelangi Nan Cantik, Manis Juga Lembut

Puding pelangi atau rainbow merupakan kudapan yang sangat nikmat dinikmati ketika bersantai apalagi bersama keluarga tercinta. Puding pelangi pada dasarnya adalah puding seperti pada umumnya hanya saja cara penyajiannya yang dibikin unik. Guna menambah daya tarik karena penampilannya yang cantik maka puding dikreasikan dengan berbagai macam variasi. Warna puding pelangi yang indah turut menggugah selera ditambah dengan aroma buah-buahan yang akan membuat siapapun berselera untuk menyantapnya.

Pada dasarnya, puding adalah istilah yang digunakan untuk hidangan penutup secara umum dimana kita tidak terbatas pada suatu bahan tertentu. Namun intinya, puding merupakan sebuah kudapan dimana bahan makanan yang berbentuk cair seperti coklat, sari buah dan lainnya disatukan dengan pati (biasanya pati jagung) atau agar-agar sehingga membentuk sebuah gumpalan.

Cara Membuat Puding Rainbow Nan Cantik, Manis Juga Lembut

Resep Membuat Puding Pelangi Nan Cantik
Ilustrasi : www.tabloidcempaka.com
Kali ini, kita akan mencoba untuk membuat rainbow pudding alias puding pelangi. Kudapan ini juga cocok untuk dijadikan menu buka puasa yang tidak lama lagi akan kita jalankan. Untuk membuatnya, kita akan menggunakan bahan baku agar-agar sebagai pengemulsi. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kita persiapkan.

Bahan Membuat Puding Rainbow

  1. 250 gr Gula pasir
  2. 1 bks Agar-agar powder putih
  3. 1 liter Susu cair, atau opsi lainnya
  4. 1 liter Air + susu fullcream
  5. Susu/coklat kental manis untuk topping
  6. Fruit cocktail untuk topping (opsional)
  7. Beberapa macam pasta buah, sesuai selera

Cara Membuat Puding Rainbow

  1. Campurkan agar-agar powder dan gula pasir kedalam susu cair dalam sebuah panci, opsi lain untuk susu cair adalah kita membuatnya dari air biasa dicampur dengan susu fullcream.
  2. Aduk-aduk agar semua bahan tercampur merata sambil dipanaskan diatas kompor dengan api sedang sampai mendidih.
  3. Angkat campuran agar-agar/puding dan bagi menjadi beberapa bagian, jika kita menggunakan 4 macam pasta maka campuran agar-agar kita bagi 4 dan masing-masing berilah pasta buah secukupnnya.
  4. Misalkan disini kita menggunakan pasta stroberi, pandan, jeruk dan anggur.
  5. Ambil cetakan, tuang salah satu warna/rasa kedalam beberapa cetakan sekaligus. Biar cepat, masukkan sebentar kedalam freezer untuk membantu penggumpalan.
  6. Keluarkan lagi cetakan yang kita taruh kedalam freezer, tuangkan puding dengan rasa yang berbeda, masukkan lagi sebentar ke freezer dan ulangi untuk warna lainnya hingga didapat beberapa lapisan dengan warna yang berbeda.
  7. Jika sudah selesai, masukkan kedalam lemari es biar puding yang kita buat menggumpal dengan sempurna.
  8. Untuk penyajiannya, keluarkan puding dari cetakan dan beri topping fruit cocktail atau buah segar lainnya.
  9. Siram dengan susu/colkat kental manis agar terlihat cantik dan menambah rasa manis tentunya.

1 komentar :