..dateHeader/>

Resep Membuat Asinan Buah Khas Bogor Segar Dan Mantap

Asinan buah merupakan jajanan khas kota Bogor yang memiliki citarasa pedas, asam dan menyegarkan. Penggunaan cabai dalam jumlah banyak membuat sinan buah begitu pedas, namun walau begitu tak menyurutkan hasrat seseorang untuk menikmatinya. Terutama untuk pecinta makanan pedas, rasanya kurang mantap apabila kadar kepedasannya biasa-biasa saja.

Asinan buah sebenarnya tidak memiliki aturan pasti mengenai bahan utama yang dipergunakan. Segala jenis buah yang memungkinkan dapat dijadian asinan, seperti mangga, salak, kedondong, jambu, apel, nanas, mentimun dan lainnya. Namun yang paling umum dijadikan asinan adalah mangga, kedondong, salak, nanas dan bengkuang. Kalian bisa mengkreasikan sendiri untuk bahan asinan, selama memungkinkan kenapa tidak coba bereksperimen ?

Resep dan Cara Membuat Asinan Buah Khas Bogor

Resep Membuat Asinan Buah Khas Bogor
Ilustrasi : www.wego.co.id
Asinan buah khas kota Bogor tidaklah sulit dibuat, tak ubahnya seperti membuat rujak buah namun proses dan bahan yang diperlukan sedikit berbeda. Berikut adalah bahan bahan yang diperlukan beserta tata cara pembuatannya yang terbilang mudah.

Bahan-bahan Membuat Asian Buah

Buah-buahan seperti kedondong, mangga mengkal, nanas, timun, bengkuang dan lainnya, porsi disesuaikan dengan selera. Potong dengan ukuran sesuai selera.

Bumbu Kuah

  1. 100 gram Gula pasir
  2. 10 buah Cabai merah besar, haluskan
  3. 10 buah Cabai rawit, haluskan
  4. 1 sdm Asam jawa
  5. 2 sdm Cuka masak
  6. 2 sdm Garam dapur
  7. 1500 ml Air

Cara Membuat Asinan Buah Segar

  1. Didihkan air dan  masukkan gula pasir, cabai merah dan cabai rawit halus, garam dan asam jawa.
  2. Masak hingga gula dan asam jawa larut, angkat dan biarkan hingga dingin.
  3. Setelah dingin pindahkan kedalam wadah plastik dan barulah bubuhkan cuka.
  4. Masukkan buah-buahan yang telah dipotong-potong.
  5. Asinan buah dapat langsung dinikmati, tapi untuk mendapatkan citarasa yang lebih enak sebaiknya dibiarkan dulu semalaman dan besoknya baru dihidangkan.
Pada proses pembuatan kuah asinan, cuka harus dimasukkan paling akhir saat kuah sudah dipindahkan kedalam wadah plastik. Maksudnya, jika kalian menggunakan panci aluminium untuk merebus kuah asinan maka pemberian cuka dapat merusak panci aluminium kalian. Maka dari itu, pemberian cuka dilakukan paling akhir pada wadah plastik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar