..dateHeader/>

Resep dan Cara Membuat Tempe Goreng Tepung Renyah dan Kriuk

Tempe merupakan makanan sejuta umat yang digemari oleh semua lapisan masyarakat di negara kita. Rasanya yang lezat plus harganya yang sangat terjangkau membuat tempe begitu populer baik sebagai makanan ringan maupun sebagai lauk teman makan nasi. Hingga saat ini telah banyak makanan olahan tempe, mulai dari masakan tradisional sampai masakan modern sekalipun seperti steak tempe dan lain sebagainya. Salah satu yang paling populer adalah tempe goreng tepung kriuk. Cara membuat tempe goreng tepung kriuk yang satu ini cukup mudah, simak terus ya!

Resep Tempe Goreng Tepung Gurih
gambar : grosirkeripiktempe.blogspot.com
Makanan yang terbuat dari kedelai ini kaya akan gizi dan mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi tertinggi yang terdapat pada tempe adalah protein nabati yang sangat baik bagi tubuh terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. So, bagi kalian yang masih dalam masa pertumbuhan jangan malu makan tempe ya, tempe itu bergizi dan juga bergengsi lho. Di Amerika sana, konon tempe semakin populer sebagai sumber protein yang menyehatkan.

Itu tadi sedikit intro mengenai tempe, dan olahan kita kali ini adalah tempe goreng tepung spesial ala Qudapan. Resep tempe goreng tepung renyah kita kali ini sebenarnya tidak terlalu aneh ya, sebab jika melihat resep-resep yang sering digunakan untuk membuat tempe goreng tepung ya memang begitu-begitu saja. Mungkin yang berbeda adalah cara penyajiannya serta cara menggorengnya saja, ada yang dibuat tempe mendoan dan ada juga yang dibuat garing sehingga renyah dan keriuk.

Resep Tempe Goreng Tepung Renyah dan Gurih Ala Qudapan

Sebagai penggemar cemilan, sebenarnya saya lebih suka sama tempe goreng yang renyah. Bagi saya rasanya lebih gurih dan bisa bertahan lebih lama sehingga bisa bikin banyak untuk stok dan bisa dinikmati kapan saja. Tapi semua tergantung selera juga ya, jika mau sedikit basah maka jangan sampai terlalu lama menggorengnya.

Bahan-bahan Resep Tempe Goreng Tepung Renyah

  1. 250 gr tempe atau 2 papan ukuran sedang
  2. Minyak yang banyak untuk menggoreng

Bahan Adonan Tepung

  1. 100 gr tepung beras
  2. 50 gr tepung sagu
  3. 1 btr telur
  4. 3 siung bawang putih, haluskan
  5. 1 sdt garam
  6. 1 sdt ketumbar bubuk
  7. 1 sdt penyedap rasa (opsional)
  8. air secukupnya

Cara Membuat Tempe Goreng Tepung Kriuk dan Gurih

  1. Satu papan tempe dibagi dua, kemudian iris setipis mungkin agar lebih cepat garing nantinya.
  2. Campurkan semua bahan adonan tepung, beri air secukupnya dan aduk rata.
  3. Panaskan minyak yang banyak dan pastikan benar-benar panas agar tempe bisa garing.
  4. Celup tempe kedalam adonan tepung, goreng hingga tempe garing dan matang kecoklatan.
  5. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Jika bikin banyak, tunggu tempe dingin dulu baru masukkan kedalam wadah seperti toples biar tahan lama.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar